IMPLEMENTASI PEMETAAN STRATEGI SEBAGAI DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN BISNIS DI PT MITRA BUSSINES KUNINGAN

Evi Lativah1, Kartono2

Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, Indonesia

Email: elativah21@gmail.com, kartono@ugj.ac.id

 

Abstrak

Dalam panorama bisnis yang terus berubah dengan cepat, di mana ketidakpastian dan kompleksitas menjadi bagian tak terpisahkan, organisasi dihadapkan pada tuntutan untuk mengadopsi pendekatan strategis yang cermat dan terukur. Penelitian ini bertujuan untuk menjelajahi dan menganalisis bagaimana implementasi pemetaan strategi dapat menjadi landasan yang efektif untuk pengambilan keputusan bisnis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memahami secara mendalam implementasi pemetaan strategi sebagai dasar pengambilan keputusan bisnis di PT Mitra Business Kuningan. Dalam mengevaluasi hasil penelitian mengenai implementasi pemetaan strategi di PT Mitra Business Kuningan, dapat diambil beberapa kesimpulan kunci

 

Kata kunci: implementasi; pemetaan strategi; pengambilan keputusan bisnis

 

Abstract

In a rapidly changing business panorama, where uncertainty and complexity are an integral part, organizations are faced with the demand to adopt a careful and measured strategic approach. This research aims to explore and analyze how the implementation of strategy mapping can be an effective basis for business decision making. This research uses a qualitative approach to understand in depth the implementation of strategy mapping as a basis for business decision making at PT Mitra Business Kuningan. In evaluating the results of research regarding the implementation of strategy mapping at PT Mitra Business Kuningan, several key conclusions can be drawn

 

Keywords: implementation; strategy mapping; business decision making

 

Pendahuluan

Dalam panorama bisnis yang terus berubah dengan cepat, di mana ketidakpastian dan kompleksitas menjadi bagian tak terpisahkan, organisasi dihadapkan pada tuntutan untuk mengadopsi pendekatan strategis yang cermat dan terukur (Setiawan, 2020). Pemetaan strategi, sebagai instrumen utama dalam perumusan dan pelaksanaan strategi bisnis, memainkan peran integral dalam mengarahkan organisasi menuju kesuksesan jangka panjang. Di tengah pasar yang semakin kompetitif dan perubahan eksternal yang cepat, organisasi menghadapi tekanan untuk tidak hanya bertahan tetapi juga untuk berkembang. Transformasi digital, perubahan kebiasaan konsumen, dan dinamika pasar yang tidak terduga mewarnai lanskap bisnis modern. Dalam menghadapi tantangan ini, pemetaan strategi menjadi semakin krusial untuk memastikan bahwa organisasi memiliki visi jelas, rencana aksi konkret, dan ketanggapan terhadap perubahan (Tyas, 2019)..

Implementasi pemetaan strategi tidak hanya melibatkan perumusan rencana yang kreatif, tetapi juga menuntut integrasi yang cermat dari strategi ke dalam semua lapisan organisasi. Ini melibatkan pemahaman mendalam tentang lingkungan internal dan eksternal, kekuatan dan kelemahan organisasi, serta peluang dan ancaman di pasar. Dengan penerapan yang efektif, pemetaan strategi memberikan dasar yang kuat untuk pengambilan keputusan bisnis yang dapat diandalkan (Ritonga, 2020).

Keputusan bisnis yang cerdas bergantung pada informasi yang akurat dan pemahaman yang mendalam tentang konteks bisnis. Pemetaan strategi, saat diimplementasikan dengan baik, menyediakan pedoman yang kokoh untuk pengambilan keputusan. Dengan memahami secara menyeluruh visi dan tujuan organisasi, para pemimpin dapat membuat keputusan yang sejalan dengan strategi jangka panjang, menghindari tindakan yang bersifat reaktif, dan lebih fokus pada pencapaian tujuan strategis. Pemetaan strategi juga mencakup identifikasi keunggulan bersaing yang dapat membedakan organisasi dari pesaingnya. Dengan pemahaman yang baik tentang posisi strategisnya, sebuah perusahaan dapat mengoptimalkan sumber daya dan fokus pada inisiatif yang mendukung keunggulan tersebut. Ini membuka pintu untuk peningkatan daya saing dan memberikan organisasi landasan yang kokoh dalam merespons perubahan pasar (Iswahyudi et al., 2023).

Penelitian ini bertujuan untuk menjelajahi dan menganalisis bagaimana implementasi pemetaan strategi dapat menjadi landasan yang efektif untuk pengambilan keputusan bisnis. Dengan menyelidiki praktik terbaik dan memahami dampak implementasi ini terhadap kinerja organisasi, penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru dan kontribusi berharga untuk literatur manajemen strategis.

Kebaharuan penelitian ini terletak pada fokusnya pada PT Mitra Business Kuningan sebagai studi kasus, memberikan kontribusi pada pemahaman praktik implementasi pemetaan strategi dalam konteks perusahaan khusus. Penelitian ini akan membuka wawasan baru terkait dinamika internal PT Mitra Business Kuningan dan mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang mempengaruhi pengambilan keputusan bisnis di lingkungan tersebut.

Dalam bab-bab berikutnya, kami akan menguraikan kerangka konseptual, metode penelitian, dan analisis data yang mendukung pemahaman mendalam tentang bagaimana pemetaan strategi memainkan peran kunci dalam membentuk keputusan bisnis yang berkelanjutan dan adaptif.

 

Metode

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memahami secara mendalam implementasi pemetaan strategi sebagai dasar pengambilan keputusan bisnis di PT Mitra Business Kuningan. Pendekatan kualitatif dipilih karena dapat memberikan pemahaman yang komprehensif tentang konteks organisasi, proses implementasi, dan dampaknya pada pengambilan keputusan. (Hermawan & Amirullah, 2016) Desain penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Studi kasus memungkinkan peneliti untuk menyelidiki fenomena dalam konteks nyata dan memahami secara mendalam interaksi antara pemetaan strategi dan pengambilan keputusan bisnis di PT Mitra Business Kuningan (Dewi, 2019).

 

Hasil dan Pembahasan

Implementasi pemetaan strategi di PT Mitra Business Kuningan mencerminkan komitmen yang kuat dari manajemen untuk mengintegrasikan strategi dalam kegiatan sehari-hari. Proses dimulai dengan identifikasi bersama visi, misi, dan tujuan perusahaan. Tim manajemen secara rutin mengadakan sesi pemetaan strategi, melibatkan semua tingkat organisasi untuk memastikan pemahaman yang mendalam tentang arah perusahaan. (Toga Sehat Sihite et al., 2023) Melalui sesi ini, ide dan inovasi dibagikan, menciptakan iklim kolaboratif. Ini tidak hanya menghasilkan rencana strategis formal, tetapi juga membentuk budaya organisasi yang responsif terhadap perubahan. Tim manajemen memastikan pemetaan strategi tidak hanya menjadi dokumen statis, tetapi juga alat dinamis yang membimbing setiap keputusan. Pentingnya implementasi ini adalah bahwa pemetaan strategi di PT Mitra Business Kuningan bukanlah sekadar formalitas, tetapi suatu panduan praktis yang memengaruhi bagaimana setiap bagian perusahaan berkontribusi pada pencapaian tujuan strategis. Inilah yang menciptakan sinergi antara konsep strategi dan pelaksanaannya, menjadi landasan kokoh untuk pertumbuhan berkelanjutan dan daya saing perusahaan dalam pasar yang terus berubah (Anwar, 2020).

Hasil penelitian menyoroti interaksi yang erat antara pemetaan strategi dan pengambilan keputusan bisnis di PT Mitra Business Kuningan. Pemetaan strategi bukan hanya sebuah dokumen formal; sebaliknya, hal itu menjadi pemandu dinamis yang membentuk setiap aspek pengambilan keputusan di perusahaan. (Duryat, 2021) Konsep strategi diimplementasikan dalam setiap divisi dan tingkat manajemen, menciptakan visibilitas dan pemahaman yang seragam. Kejelasan visi dan tujuan strategis memberikan landasan bagi para pengambil keputusan bisnis untuk mengevaluasi setiap keputusan yang diambilnya. Hal ini menciptakan kohesivitas antara keputusan operasional sehari-hari dengan tujuan jangka panjang perusahaan. Ditemukan bahwa pemetaan strategi menjadi alat penting dalam menyaring dan menilai opsi keputusan. Keputusan bisnis, baik yang bersifat rutin maupun strategis, diarahkan untuk mendukung pencapaian tujuan strategis perusahaan. Ini tidak hanya meningkatkan konsistensi keputusan, tetapi juga membantu memprioritaskan inisiatif yang paling sejalan dengan arah strategis.

Pentingnya pemetaan strategi dalam pengambilan keputusan bisnis juga tercermin dalam responsibilitas dan akuntabilitas yang jelas. Para pengambil keputusan di berbagai tingkat organisasi memiliki pemahaman yang mendalam tentang kontribusi keputusan mereka terhadap pencapaian strategi perusahaan. Hal ini menciptakan atmosfer di mana setiap keputusan dianggap sebagai langkah menuju visi bersama. Interaksi yang terjalin antara pemetaan strategi dan pengambilan keputusan bisnis memberikan kontribusi nyata pada ketangguhan perusahaan di tengah dinamika pasar. Keputusan yang didasarkan pada pemahaman mendalam tentang strategi membantu PT Mitra Business Kuningan untuk merespons perubahan dengan lebih cepat dan efektif. Hal ini memberikan dampak positif pada kinerja perusahaan, menegaskan bahwa pemetaan strategi bukan hanya sebagai panduan, tetapi juga sebagai katalisator untuk keunggulan bisnis (Fitrotin Jamilah, 2018).

Sinergi antara Pemetaan Strategi dan Implementasi

Sinergi yang kental antara konsep pemetaan strategi dan pelaksanaannya di PT Mitra Business Kuningan. Pemetaan strategi tidak hanya dipandang sebagai langkah formal dalam menyusun rencana bisnis, melainkan menjadi integral dalam budaya organisasi. Proses pemetaan strategi bukanlah sekadar acara periodik, tetapi sebuah perjalanan dinamis yang membawa bersama seluruh organisasi dalam perumusan dan pelaksanaan strategi. Melalui pemetaan strategi, manajemen di PT Mitra Business Kuningan membangun keselarasan antara tujuan bisnis dan tindakan sehari-hari. Setiap divisi dan tingkat manajemen terlibat dalam menyusun dan mengimplementasikan strategi. Hal ini menciptakan pemahaman yang seragam tentang arah dan tujuan perusahaan, menciptakan landasan kuat untuk pertumbuhan dan pengambilan keputusan yang kohesif (Sulaksono, 2015).

Sinergi antara pemetaan strategi dan implementasi tampak dalam interaksi yang terbentuk di antara berbagai divisi. Keterlibatan seluruh organisasi dalam sesi pemetaan strategi menciptakan iklim kolaboratif di mana ide dan inovasi dipertukarkan. Divisi-divisi saling mendukung untuk mencapai tujuan bersama, menciptakan sinergi yang menguntungkan. Pentingnya sinergi ini juga tercermin dalam adaptabilitas organisasi terhadap perubahan. Pemetaan strategi bukanlah dokumen statis; sebaliknya, itu adalah alat dinamis yang membimbing organisasi melalui tantangan dan peluang yang muncul. Manajemen di PT Mitra Business Kuningan memahami bahwa kesuksesan strategi tergantung pada implementasi yang kontinu dan penyesuaian dengan lingkungan bisnis yang terus berubah. Selain itu, sinergi ini membentuk budaya organisasi yang responsif dan inovatif. Keterlibatan aktif dalam pemetaan strategi menciptakan rasa memiliki di kalangan karyawan, yang pada gilirannya, meningkatkan keterlibatan dan motivasi. Ini menciptakan lingkungan di mana setiap individu merasa tanggung jawab terhadap keberhasilan strategis perusahaan.

Sinergi antara pemetaan strategi dan implementasi bukan hanya menciptakan efisiensi operasional, tetapi juga menempatkan PT Mitra Business Kuningan dalam posisi yang kuat untuk beradaptasi dengan perubahan pasar dan bersaing secara efektif. Kesinambungan dalam implementasi strategi, bersama dengan sinergi yang dihasilkan, memberikan fondasi yang kokoh untuk pertumbuhan berkelanjutan dan kesuksesan jangka panjang perusahaan. Pentingnya sinergi ini juga tercermin dalam adaptabilitas organisasi terhadap perubahan. (Martoyo et al., 2022) Pemetaan strategi bukanlah dokumen statis; sebaliknya, itu adalah alat dinamis yang membimbing organisasi melalui tantangan dan peluang yang muncul. Manajemen di PT Mitra Business Kuningan memahami bahwa kesuksesan strategi tergantung pada implementasi yang kontinu dan penyesuaian dengan lingkungan bisnis yang terus berubah.

Selain itu, sinergi ini membentuk budaya organisasi yang responsif dan inovatif. Keterlibatan aktif dalam pemetaan strategi menciptakan rasa memiliki di kalangan karyawan, yang pada gilirannya, meningkatkan keterlibatan dan motivasi. Ini menciptakan lingkungan di mana setiap individu merasa tanggung jawab terhadap keberhasilan strategis perusahaan. Sinergi antara pemetaan strategi dan implementasi bukan hanya menciptakan efisiensi operasional, tetapi juga menempatkan PT Mitra Business Kuningan dalam posisi yang kuat untuk beradaptasi dengan perubahan pasar dan bersaing secara efektif. Kesinambungan dalam implementasi strategi, bersama dengan sinergi yang dihasilkan, memberikan fondasi yang kokoh untuk pertumbuhan berkelanjutan dan kesuksesan jangka panjang Perusahaan (Mariam & Ramli, 2023).

Tantangan dalam Implementasi Pemetaan Strategi

Meskipun implementasi pemetaan strategi di PT Mitra Business Kuningan memberikan dampak positif, penelitian ini juga mengidentifikasi sejumlah tantangan yang dihadapi oleh perusahaan dalam pelaksanaannya. Implementasi pemetaan strategi di perusahaan yang memiliki struktur organisasi kompleks dapat menjadi tantangan. Proses perumusan dan pelaksanaan strategi perlu diintegrasikan secara efisien di seluruh divisi dan tingkat manajemen. Komunikasi yang kurang jelas atau terhambat dapat menghambat kesinambungan dalam implementasi (Adwiya, 2015). Pemetaan strategi seringkali memerlukan perubahan budaya organisasi. Tantangan muncul ketika karyawan dan manajemen harus menyesuaikan diri dengan nilai-nilai baru, cara berpikir, dan praktek bisnis. Resistensi terhadap perubahan dapat memperlambat implementasi dan menimbulkan ketidakpastian di kalangan anggota organisasi.

Pemetaan strategi yang optimal memerlukan alokasi sumber daya yang memadai. Tantangan muncul ketika perusahaan menghadapi keterbatasan anggaran, tenaga kerja, atau teknologi. Pemilihan prioritas dan pengelolaan sumber daya menjadi krusial untuk menjaga kelangsungan implementasi strategi. Menjaga tingkat keterlibatan karyawan dapat menjadi tantangan, terutama jika tidak semua lapisan organisasi merasa terlibat dalam proses pemetaan strategi. Keterlibatan yang rendah dapat menghambat efektivitas implementasi dan mengurangi keberhasilan strategi yang diusung. Tantangan muncul jika prioritas strategis tidak dijelaskan dengan baik atau terlalu umum. Karyawan dan manajemen memerlukan pemahaman yang jelas tentang apa yang diharapkan dari mereka, sehingga setiap keputusan dan tindakan sejalan dengan tujuan strategis (Bairizki, 2021).

Dinamika pasar dan perubahan lingkungan eksternal dapat menjadi tantangan besar. Ketidakpastian ekonomi, perubahan regulasi, atau pergeseran perilaku konsumen dapat memerlukan penyesuaian strategi yang cepat, dan tantangan ini dapat mempengaruhi kesinambungan dalam implementasi. Implementasi pemetaan strategi memerlukan data dan informasi yang akurat. Tantangan muncul ketika perusahaan menghadapi kendala dalam pengumpulan, analisis, atau interpretasi data, yang dapat mengakibatkan keputusan yang kurang tepat.

Mengatasi tantangan dalam implementasi pemetaan strategi memerlukan pendekatan holistik. Beberapa strategi yang dapat diterapkan oleh PT Mitra Business Kuningan meliputi:

1.      Pelatihan dan Pengembangan Karyawan: Meningkatkan pemahaman karyawan tentang strategi dan memberikan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan yang diperlukan.

2.      Keterlibatan dan Komunikasi yang Efektif: Meningkatkan komunikasi dua arah dan memastikan keterlibatan aktif dari semua tingkat organisasi.

3.      Pengelolaan Perubahan: Mengimplementasikan strategi pengelolaan perubahan yang efektif untuk mengatasi resistensi dan memfasilitasi adaptasi budaya organisasi.

Optimasi Sumber Daya: Meningkatkan efisiensi dalam alokasi sumber daya dan mencari solusi kreatif untuk mengatasi keterbatasan.

 

Kesimpulan

Secara keseluruhan, kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pemetaan strategi memiliki dampak positif yang signifikan pada PT Mitra Business Kuningan. Sinergi antara konsep strategi dan pelaksanaannya menciptakan landasan yang kokoh, memungkinkan perusahaan untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan bisnis dengan lebih cepat dan efektif. Dengan memahami tantangan yang dihadapi dan menerapkan strategi yang tepat, PT Mitra Business Kuningan dapat mempertahankan dan meningkatkan keberhasilan implementasi pemetaan strategi mereka, menghadapi masa depan dengan keyakinan dan ketangguhan yang diperlukan dalam dunia bisnis yang dinamis.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Adwiya, Rabiatul. (2015). Perancanaan Strategis SI/TI Menggunakan Four Stage Model Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 3(2).

 

Anwar, Muhadjir. (2020). Manajemen Strategik: Daya saing dan globalisasi. Sasanti Institute.

 

Bairizki, Ahmad. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia (Tinjauan Strategis Berbasis Kompetensi).

 

Dewi, Radix Prima. (2019). Studi Kasus-Metode Penelitian Kualitatif.

 

Duryat, H. Masduki. (2021). Kepemimpinan Pendidikan: Meneguhkan Legitimasi Dalam Berkontestasi Di Bidang Pendidikan. Penerbit Alfabeta.

 

Fitrotin Jamilah, S. H. (2018). Strategi Penyelesaian sengketa bisnis. MediaPressindo.

 

Hermawan, Sigit, & Amirullah, Amirullah. (2016). Metode penelitian bisnis pendekatan kuantitatif & kualitatif. Media Nusa Creative.

 

Iswahyudi, Muhammad Subhan, Elshifa, Aria, Abas, M., Martalia, Diana, Mutia, Agustina, Imlabla, Floria Veramaya, Yasman, Yulia, Ningtyas, Rahaju, & Manafe, David. (2023). Dasar-Dasar Manajemen Sumber Daya Manusia: Panduan Mengelola Organisasi Publik dan Bisnis Menuju Kesuksesan di Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

 

Mariam, Siti, & Ramli, Abdul Haeba. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Membangun Praktik Digital Marketing Unggul Untuk Peningkatan Pemasaran Umkm Di Kota Jakarta Barat. Indonesian Collaboration Journal of Community Services, 3(4), 379390.

 

Martoyo, Anang, Susilawati, Endang, Kusumawardhani, Nurul, Dawis, Aisyah Mutia, Novalia, Nidya, Fransisca, Yuniati, Permadi, I. Komang Oka, Yuniawati, Rosdita Indah, Susanti, Leni, & Hikmawati, Erna. (2022). Manajemen Bisnis. TOHAR MEDIA.

 

Ritonga, Zuriani. (2020). Buku ajar manajemen strategi (teori dan aplikasi). Deepublish.

 

Setiawan, Dedy. (2020). Analisis Kinerja Laporan Keuangan Koperasi X Kota Cirebon. Inkubis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 7785.

 

Sulaksono, Hari. (2015). Budaya organisasi dan kinerja. Deepublish.

 

Toga Sehat Sihite, S. E., Triansyah, Fadli Agus, Ferly Aninditya, S. E., Kristanto, Titus, Kom, S., Kom, M., Nurchayati, S. E., MM, Akt, Noor, Laili Savitri, & SE, M. M. (2023). Perencanaan Proses Bisnis. Cendikia Mulia Mandiri.

 

Tyas, Eden Handayani. (2019). Menggapai Mimpi Melalui Entrepreneurship. UKI Press.