Pengaruh Instagram Advertising, Program Diskon, Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Ready To Wear Di Marketplace Shopee

Authors

  • Siva Adelia Shavarani Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang, Indonesia
  • Amalia Nur Chasanah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang, Indonesia
  • Hertiana Ikasari Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang, Indonesia
  • Miftachul Mujib Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52644/joeb.v13i1.1347

Keywords:

Instagram advertising, program diskon, perceived quality, keputusan pembelian, fashion ready to wear

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk menguji pengaruh Instagram advertising, program diskon dan perceived quality terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah para pengguna aplikasi shopee yang pernah melakukan pembelian terhadap produk fashion ready to wear. Banyaknya sampel dalam penelitian adalah 150 responden, dengan menggunakan teknik sampel random sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, statistika deskriptif, analisis regresi linier berganda, uji t, uji f serta koefisien determinasi. Melalui hasil olah data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa program diskon dan perceived quality secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk fashion ready to wear. Sedangkan untuk Instagram advertising secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk fashion ready to wear. Namun secara simultan Instagram advertising, program diskon dan perceived quality berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk fashion ready to wear. Meninjau dari hasil penelitian, maka para pelaku industri produk fashion ready to wear yang bergerak di marketplace shopee diharapkan dapat meningkatkan program diskon dengan berbagai kreativitas serta membentuk perceived quality produk fashion ready to wear dengan sebaik mungkin agar tingkat penjualan menjadi meningkat.

Downloads

Published

2024-01-19