Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian di Kayu Cilik Kediri
DOI:
https://doi.org/10.52644/joeb.v13i5.2494Keywords:
Kualitas produk, promosi, kualitas pelayanan, Keputusan pembelianAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh faktor kualitas produk, promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada kayu cilik kediri. Populasi dan sampel yang diambil adalah konsumen atau pelanggan yang pernah melakukan pembelian di kayu cilik kediri. Teknik analisa yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji koefisien determinan (R2). Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, hal itu dapat dilihat dari hasil uji t, nilai t kualitas produk sebesar 0,000< 0,05. Promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t promosi sebesar 0,039<0,05. Kualitas pelayanan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t kualitas pelayanan sebesar 0,623>0,05. Secara simultan kualitas produk, promosi, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, hal itu dapat dilihat dari hasil uji F, nilai F kualitas produk, promosi dan kualitas pelayanan sebesar 0,000 < 0,05. Nilai koefisien determinan (R2) adalah sebesar 0,797. Hal ini dapat diartikan bahwa variabel bebas (kualitas produk, promosi, kualitas pelayanan) dapat menjelaskan variabel terikat (keputusan pembelian) sebesar 79,7%, sedangkan sisanya diterangkan oleh faktor lain yang tidak diteliti