Impulse Buying dalam Perspektif Ritel Modern: Sebuah Analisis Empiris terhadap Price Discount dan In-Store Display
DOI:
https://doi.org/10.52644/joeb.v14i4.2786Keywords:
Price Discount, In-Store Display, Impulse BuyingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran potongan harga, penataan produk di dalam toko (in-store display), dan minat pembelian impulsif, serta menganalisis pengaruh potongan harga dan in-store display terhadap minat pembelian impulsif di Alfamart Cabang Ciledug 1 Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif untuk menggambarkan kondisi variabel, serta metode asosiatif kausal untuk menjelaskan hubungan sebab-akibat antar variabel. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 96 responden yang dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, responden memberikan tanggapan positif terhadap potongan harga, penataan produk dalam toko, dan minat pembelian impulsif. Hal ini mengindikasikan bahwa strategi promosi dan penawaran harga yang diberikan oleh Alfamart mampu meningkatkan minat pembelian secara impulsif. Namun, berdasarkan hasil pengujian hipotesis, potongan harga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat pembelian impulsif. Sebaliknya, in-store display berpengaruh signifikan, dan secara simultan potongan harga dan in-store display berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian impulsif di Alfamart Cabang Ciledug 1 Garut.