Analisis Penerimaan Aplikasi Sistem Bimbingan Online (SIBIMO) Melalui Technology Acceptance Model (TAM)

Authors

  • Hedi Cupiadi Universitas Garut, Indonesia
  • Wufron Wufron Universitas Garut, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52644/joeb.v14i4.2788

Keywords:

SIBIMO, Penerimaan Teknologi, TAM

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis penerimaan aplikasi Sistem Bimbingan Online (SIBIMO) oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi pada Universitas di Kabupaten Garut berdasarkan lima konstruk dalam Technology Acceptance Model (TAM), yaitu Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Attitude Toward Use, Behavioral Intention to Use, dan Actual Use. Penelititan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan asosiatif, dengan teknik pengolahan dan analisis data serta pengujian hipotesis menggunakan PLS-SEM. Populasi penelitian merupakan pengguna aktif SIBIMO sebanyak 68 orang dengan teknik sampling jenuh (sensus) yang menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh konstruk berada pada kategori baik, melalui pengujian hipotesis diperoleh hasil bahwa Perceived Ease of Use berpengaruh positif terhadap Perceived Usefulness dan AttitudeToward Use, sementara Perceived Usefulness memengaruhi secara positif Attitude Toward Use. Selanjutnya, Attitude Toward Use berpengaruh positif terhadap Behavioral Intentionto Use, dan Behavioral Intention to Use berpengaruh positif terhadap Actual Use. Kesimpulan penelitian menegaskan bahwa aplikasi SIBIMO telah diterima dengan baik dan berpotensi di kembangkan lebih lanjut sebagai bagian dari sistem bimbingan akademik digital.

Downloads

Published

2025-08-09

Similar Articles

31-40 of 265

You may also start an advanced similarity search for this article.