Meningkatkan Keputusan Pembelian Melalui Atmosphere Scape dan Analisis Gaya Hidup Konsumen di Kopi Shop Kabupaten Garut
DOI:
https://doi.org/10.52644/joeb.v14i4.2789Abstract
Suasana lingkungan kafe penting untuk diperhatikan agar memiliki daya tarik konsumen sehingga memutuskan untuk memilih kafe. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran atmosphere scape terhadap keputusan pembelian konsumen yang dipengaruhi oleh gaya hidup. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan causalitas untuk mencari pengaruh antar variabel. Data diperoleh dari 100 orang responden konsumen kafe di Kabupaten Garut. Skala likert gradasi 1-5 digunakan untuk mengukur pendapat, kemuadian diolah uji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan bantuan aplikasi PLS-SEM versi 4.0. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif Gaya hidup terhadap keputusan pembelian, dan atmosphere scape memediasi pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian. Artinya bahwa keputusan pembelian bisa semakin meningkat dengan adanya atmosphere scape yang dikelola dengan baik oleh sebuah kopi shop. Keputusan pembelian dapat meningkat melalui atmosphere scape yang dikelola dengan baik oleh kopi shop. Pemilik kafe dapat mengoptimalkan desain interior, pencahayaan, dan tata letak untuk meningkatkan daya tarik konsumen sesuai dengan segmen gaya hidup target.