Peran Visitor Engagement dan Destination Image Terhadap Revisit Intention yang Dimediasi Oleh Memorable Tourism Experiences
DOI:
https://doi.org/10.52644/joeb.v13i3.1664Keywords:
visitor engagement, destination image, revisit intention, memorable tourism experiences.Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh visitor engagement dan destination image terhadap revisit intention yang dimediasi oleh memorable tourism experiences. Data diambil dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah responden sebanyak 110 wisatawan domestik yang pernah berkunjung ke Waduk Sermo, Kulon Progo. Pengumpulan data primer dilakukan dengan kuesioner yang disusun menggunakan skala likert dan kemudian diolah menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modelling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa visitor engagement berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap revisit intention, visitor engagement berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap memorable tourism experiences, destination image berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap revisit intention, destination image berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap memorable tourism experiences, memorable tourism experiences berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap revisit intention, visitor engagement berpengaruh tidak langsung secara positif dan signifikan terhadap revisit intention yang dimediasi oleh memorable tourism experiences, destination image berpengaruh tidak langsung secara positif dan signifikan terhadap revisit intention yang dimediasi oleh memorable tourism experiences.