Analisis Hubungan Antara Kinerja Dengan Stress Kerja Dan Kepuasan Kerja Karyawan Customer Service Telkomsel Gerai Grapari Mal Pondok Indah 3 Di Jakarta Selatan
DOI:
https://doi.org/10.52644/joeb.v10i1.56Keywords:
Job Stress, Job Satisfaction, and Employee PerformanceAbstract
Pendahuluan : Manusia adalah salah satu faktor penting dalam sebuah perusahaan. Proses untuk meningkatkan kepuasan dan kinerja karyawan, perusahaan perlu memperhatikan penanganan stres kerja. Penelitian ini menganalisis faktor stres pekerjaan dan kepuasan kerja pada karyawan layanan pelanggan Grapari Telkomsel di Mall Pondok Indah 3, Jakarta Selatan. Penelitian wawancara ini dilakukan terhadap 1 HRD (Human Resource Department), 1 SPV (supervisor), 1 TL (team leader), dan 5 karyawan customer service.
Tujuan : Penelitian wawancara ini menunjukkan bahwa perusahaan perlu memberikan kesempatan yang lebih luas untuk berkarier di perusahaan, dan juga diberikan insentif/bonus/imbalan yang dapat memberikan motivasi untuk mencapai kepuasan kerja dan mengurangi stres kerja. Penelitian ini menunjukkan bahwa indikator dominan yang menyebabkan stres kerja hanya memiliki 4 faktor: Penanganan keluhan keras, target, pengadaan shift, dan pergeseran distribusi. Wawancara ini juga menunjukkan bahwa layanan pelanggan memiliki kepuasan kerja yang baik.
Metode : Jenis penelitian yang digunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu data penelitian berupa kata-kata, wawancara, catatan lapangan, dan dokumen. Teknik penelitian yang dilakukan yaitu penelitian lapangan.
Hasil : Kepuasan kerja dengan kinerja karyawan memiliki pengaruh yang positif. Hubungan tersebut mengartikan bahwa semakin puas karyawan kepada perusahaan, maka performa kerja dan hasil kerja yang ditunjukkan akan semakin baik atau sebaliknya.
Kesimpulan : Pemberian gaji yang sesuai dengan pekerjaan adalah salah satu indikator kepuasan dalam bekerja.