Sistem Pengendalian Manajemen Dalam Mencapai Sustainable Development Goals (SDG) 2030: Studi Kasus Lembaga Pendidikan Menengah X di Surabaya

Authors

  • Meylinda Eka Cahyani Universitas Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52644/joeb.v14i4.2747

Keywords:

Sustainable Development Goals (SDG), SPM, Spirituality, Educational Institutions

Abstract

Sustainable Development Goals (SDG) 2030 dalam Lembaga Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana implementasi SDG dapat dilaksanakan di lembaga Pendidikan. Peneilitian ini menggunakan metode studi kasus yang kemudian disusun untuk diambil kesimpulan. Lembaga Pendidikan ini telah banyak melakukan program yang menuju pada tujuan Sustainable Development Goals 2030 (SDG 2030) antara lain penerapan SDG 1 (menhapus kemiskinan) dengan Pendidikan kewirausahaan dalam kurikulum pembelajaran serta membangun pojok usaha kewirausahaan dalam bidang tanaman tradisional yang dinamakan ”The Herbs Drink” dengan memproduksi sirup yang berasal dari tanaman  tradisional serta pojok usaha kewirausahaan dalam bidang kimia yang dinamakan “FarmClean” dengan memproduksi sabun cuci piring, sabung cuci tangan, pembersih lantai, Handsanitizer, dll. Penerapan SDG 3 (Kesehatan yang baik dan kesejahteraan) melalui kesejahteraan seluruh pegawai pada Lembaga Pendidikan melalui menyediakan asuransi kesehatan dan asuransi kecelakaan kepada semua pegawai dan melakukan kegiatan kampanye Kesehatan pada Masyarakat umum melalui kurikulm pembelajaran dalam mata pelajaran Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM). Penerapan SDG 4 (Pendidikan bermutu) melalui pemberian beasiswa pada siswa serta mengadakan program literasi digital untuk seluruh pegawai yang ada pada Lembaga Pendidikan. Penerapan SDG 5 (kesetaraan gander) dengan menciptakan lingkungan yang merata bagi perempuan dan laki-laki melalui budaya dan kebijakan lembaga. Penerapan SDG 12 (penggunaan dan produksi yang bertanggung jawab) melalui penangan limbah dari kegiatan praktikum dari laboratorium Pendidikan yang ada di Lembaga.  Implikasi penelitian ini memperlihatkan bahwa pendekatan manajerial yang terintegrasi dengan nilai-nilai spiritual dan tanggung jawab sosial mampu meningkatkan efektivitas pelaksanaan SDG pada sektor pendidikan.

Downloads

Published

2025-08-05

Similar Articles

31-40 of 181

You may also start an advanced similarity search for this article.