Anteseden Pembelian Makanan Organik di Indonesia

Authors

  • Mochammad Rafii Peruzzi Universitas Bina Nusantara Jakarta, Indonesia
  • Muhammad Fadi Alfiandi Universitas Bina Nusantara Jakarta, Indonesia
  • Willy Gunadi Universitas Bina Nusantara Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52644/joeb.v12i2.196

Keywords:

green products, perceived value, organic food knowledge, attitude, green purchase intention, green purchase, subjective norm

Abstract

Meningkatnya konsumsi manusia menyebabkan masalah pada lingkungan. Di sisi lain, banyak masyarakat Indonesia yang mulai menerapkan gaya hidup yang sehat dengan cara mengkonsumsi produk organik. Hadirnya fenomena COVID-19 juga telah memberikan dampak kepada pola hidup masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan antara health consciousness, environmental knowledge, environmental concern, perceived value, organic food knowledge, attitude dan green purchase intention. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara online terhadap konsumen yang yang membeli dan mengkonsumsi makanan organik menggunakan penghasilan sendiri dan setiap bulannya melakukan pembelian produk makanan organik yang dilakukan dengan metode purposive sampling terhadap sebanyak 193 responden. Analisa data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan metode PLS-SEM. Hasil pengujian hipotesis diperoleh temuan health consciousness, environmental knowledge, environmental concern, perceived value, dan organic food knowledge secara positif berdampak kepada attitude, subjective norm dan attitude secara positif berdampak kepada green purchase intention, green purchase intention secara positif berdampak kepada actual green purchase.

Downloads

Published

2023-03-19

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.