Pengaruh Biaya Promosi Berbasis Website dan Biaya Training Staf Sales terhadap Laba Bersih dengan Volume Penjualan sebagai Variabel Mediasi pada PT Pusindo Murniraya Tahun 2019-2023
DOI:
https://doi.org/10.52644/joeb.v14i3.2704Keywords:
biaya promosi berbasis website, biaya training staf sales, laba bersih, volume penjualanAbstract
Penelitian kuantitatif di bidang Manajemen Pemasaran ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh biaya promosi berbasis website dan biaya training staf sales terhadap laba bersih dengan volume penjualan sebagai variabel mediasi pada PT Pusindo Murniraya tahun 2019-2023. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Data diambil dari Laporan Keuangan PT Pusindo Murniraya tahun 2019-2023. Sampel yang terkumpul adalah data sebanyak 5 tahun dikalikan 12 bulan, menjadi 60 data pada masing-masing variabel. Kemudian 60 data tersebut dikalikan dengan empat variabel sehingga terdapat 240 data secara total. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis struktural menggunakan pendekatan partial least square (PLS) dimana pengolahannya menggunakan software Smart PLS versi 4. Pengujian dilakukan dengan terlebih dahulu menguji validitas, reliabilitas, multikolinearitas, dan diskriminan. Kemudian diuji hipotesisnya untuk mengetahui pengaruh langsung maupun pengaruh mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya promosi berbasis website memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan, tetapi tidak secara langsung memengaruhi laba bersih. Volume penjualan terbukti menjadi faktor yang memediasi secara positif dan signifikan pengaruh biaya promosi berbasis website terhadap laba bersih, sehingga peningkatan volume penjualan merupakan jalur yang efektif dalam meningkatkan laba bersih melalui promosi berbasis website. Sebaliknya, biaya training staf sales tidak berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan maupun laba bersih, dan volume penjualan juga tidak dapat memediasi hubungan antara biaya training staf sales dengan laba bersih. Selain itu, volume penjualan secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih, menegaskan pentingnya strategi yang berfokus pada peningkatan volume penjualan untuk mencapai laba yang optimal.