Evaluasi Program Class Meeting dengan Model CIPP (Context, Input, Process, Product) di SMP Negeri 1 Praya Barat

Authors

  • Syamsul Hadi Universitas Mataram, Indonesia
  • Abdul Kadir Jaelani Universitas Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52644/joeb.v14i3.2712

Keywords:

class meeting, evaluasi CIPP, kegiatan siswa, pendidikan karakter

Abstract

Program Class Meeting merupakan bagian penting dari kegiatan non-akademik yang berkontribusi terhadap pembentukan karakter dan keterampilan sosial siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan program tersebut dalam konteks pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Praya Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program Class Meeting di SMP Negeri 1 Praya Barat menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket kepada siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Class Meeting memiliki relevansi tinggi terhadap kebutuhan siswa pasca ujian, input pendukung cukup memadai, pelaksanaan kegiatan berlangsung lancar meskipun masih terdapat kendala dalam koordinasi, dan produk kegiatan berdampak positif terhadap kebersamaan, sportifitas, serta ekspresi kreativitas siswa. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan kegiatan berbasis teknologi dan penguatan sistem dokumentasi serta evaluasi.

Downloads

Published

2025-06-26