Analisa Faktor Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan di PT. J&T Express Jatinegara Timur Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.52644/joeb.v10i2.65Keywords:
Kualitas Layanan, Harga, dan Konsumen LoyalAbstract
Pendahuluan: Pada masa pandemic covid 19, terdapat peningkatan layanan pengiriman barang karena masyarakat beralih ke belanja On-line. Belanja On-line memerlukan jasa pengiriman barang untuk mengantar barang hingga ke tangan konsumen. Persaingan antar perusahaan jasa menuntut perusahaan jasa pengiriman J&T Express untuk mempertahankan konsumennya.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran faktor kualitas layanan & harga jasa pengiriman dalam mempertahankan konsumen nya. Berdasarkan karakteristik masalah yang dihadapi,
Metode: metode penelitian yang digunakan adalah metode verifikatif dengan pendekatan kuantitatif dengan obyek penelitian konsumen PT.J&T Express. Data primer atas 300 responden diperoleh melaui kuesioner dan data sekunder dari Biro Pusat Statistik & Bursa Efek Jakarta. Sampel diambil berdasararkan purposive random sampling atas konsumen yang dating selama sebulan.
Hasil: Hasil penelitian menggambarkan bahwa kualitas layanan dan harga jasa pengiriman berpengaruh secara siginifikan terhadap loyalitas konsumen. Sehingga perlu diperhatikan kualitas layanan dan harga dalam persaingan mempertahankan konsumen.
Kesimpulan: Variabel kualitas layanan mempengaruhi loyalitas pelanggan J&T Express. Hal ini ditunjukan melalui nilai t-hitung variabel kualitas pelayanan yaitu sebesar 2,727 dibandingkan dengan t-tabel (1.669). Sehingga untuk meningkatkan jumlah pengiriman barang di J&T Jakarta perlu dilakukan peningkatan kualitas layanan. Variabel harga mempengaruhi loyalitas pelanggan J&T Express. Hal ini ditunjukan melalui nilai t-hitung variabel Harga yaitu sebesar 2,174 dibandingkan dengan t-tabel (1.669). Sehingga untuk meningkatkan jumlah pengiriman barang di J&T Jakarta perlu dilakukan perbaikan harga layanan sesuai ekspektasi konsumen. Variabel kualitas pelayanan dan harga secara simultan mempengaruhi loyalitas pelanggan J&T Express. Dengan sig.t 0,00 < 0,05 dan F hitung 10.36 > F table 3,14. Sehingga untuk memenagkan persaingan pada jasa pengiriman barang J&T khususnya di Jakartas perlu dilakkan peningkatan loyalitas pelanggan melalui perbaikan kualitas layanan & harga layanan sesuai dengan harapan konsumen.