Analisa Faktor Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan di PT. J&T Express Jatinegara Timur Jakarta

Authors

  • Iman Chaerudin STIE Unisadhuguna, Jakarta, Indonesia
  • Abdu Koharudin STIE Unisadhuguna, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52644/joeb.v10i2.65

Keywords:

Kualitas Layanan, Harga, dan Konsumen Loyal

Abstract

Pendahuluan: Pada masa pandemic covid 19, terdapat peningkatan layanan pengiriman barang karena masyarakat beralih ke belanja On-line. Belanja On-line memerlukan jasa pengiriman barang untuk mengantar barang hingga ke tangan konsumen. Persaingan antar perusahaan jasa menuntut perusahaan jasa pengiriman J&T Express untuk mempertahankan konsumennya.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran faktor kualitas layanan & harga jasa pengiriman dalam mempertahankan konsumen nya. Berdasarkan karakteristik masalah yang dihadapi,

Metode: metode penelitian yang digunakan adalah metode verifikatif dengan pendekatan kuantitatif dengan obyek penelitian konsumen PT.J&T Express. Data primer atas 300 responden diperoleh melaui kuesioner dan data sekunder dari Biro Pusat Statistik & Bursa Efek Jakarta. Sampel diambil berdasararkan purposive random sampling atas konsumen yang dating selama sebulan.

Hasil: Hasil penelitian menggambarkan bahwa kualitas layanan dan harga jasa pengiriman berpengaruh secara siginifikan terhadap loyalitas konsumen. Sehingga perlu diperhatikan kualitas layanan dan harga dalam persaingan mempertahankan konsumen.

Kesimpulan: Variabel kualitas layanan mempengaruhi loyalitas pelanggan J&T Express. Hal ini ditunjukan melalui nilai t-hitung variabel kualitas pelayanan yaitu sebesar 2,727 dibandingkan dengan t-tabel (1.669). Sehingga untuk meningkatkan jumlah pengiriman barang di J&T Jakarta perlu dilakukan peningkatan kualitas layanan. Variabel harga mempengaruhi loyalitas pelanggan J&T Express. Hal ini ditunjukan melalui nilai t-hitung variabel Harga yaitu sebesar 2,174 dibandingkan dengan t-tabel (1.669). Sehingga untuk meningkatkan jumlah pengiriman barang di J&T Jakarta perlu dilakukan perbaikan harga layanan sesuai ekspektasi konsumen. Variabel kualitas pelayanan dan harga secara simultan mempengaruhi loyalitas pelanggan J&T Express.  Dengan sig.t 0,00 < 0,05 dan F hitung 10.36 > F table 3,14. Sehingga untuk memenagkan persaingan pada jasa pengiriman barang J&T khususnya di Jakartas perlu dilakkan peningkatan loyalitas pelanggan melalui perbaikan kualitas layanan & harga layanan sesuai dengan harapan konsumen.

Downloads

Published

2021-12-20

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.