Analisi Perilaku Belanja Mahasiswa Stie Unisadhuguna Angkatan 2018 Dalam Menggunakan E-Commerce

Authors

  • A.B. Christono Program Studi Ekonomi Pembangunan, STIE Unisadhuguna
  • Tirza Junike Andrea Takayeitou STIE Unisadhuguna, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52644/joeb.v11i2.85

Keywords:

Teknologi, E-Commerce, Perilaku Konsumen, Mahasiswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana perilaku berbelanja mahasiswa STIE Unisadhuguna khususnya mahasiswa cabang Pondok Indah angkatan 2018 dalam pemanfaatan e-commerce. Penelitian ini menggunakan teori e-commerce dari DeLone dan McLean (dalam Jogiyanto, 2007) yang menjelaskan bahwa e-commerce memiliki indikator seperti informatif, efisien, efektif, transaktif, dan dapat diakses, serta Kotler dan Armstrong, (2008:246) mengenai perilaku konsumsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma post-positivisme. Peneliti menentukan sumber dengan menggunakan Teknik purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa perilaku berbelanja mahasiswa STIE Unisadhuguna angkatan 2018 cabang Pondok Indah sangat dipengaruhi oleh penggunaan e-commerce, hal ini didukung oleh teknologi informasi yang saat ini sedang digunakan oleh masyarakat dan khususnya generasi milenial.

Downloads

Published

2022-12-15