Pengaruh Servicescape Dan Komunikasi Efektif Terhadap Minat Kunjungan Ulang Di Klinik Pratama Desideria Kab. Ketapang

Authors

  • Rolles Sagala Universitas Garut, Indonesia
  • Agus Hadian Rahim Universitas Garut, Indonesia
  • Mira Veranita Universitas Garut, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52644/0q26xe68

Keywords:

Servicescape, Komunikasi Efektif, Minat Kunjungan Ulang

Abstract

Jumlah klinik yang semakin bertambah akan menimbulkan persaingan yang ketat dalam memenangkan persaingan pasar. Klinik harus melakukan berbagai upaya dalam mempertahankan kunjungan pasien karena minat pasien untuk kembali melakukan kunjungan merupakan faktor krusial dalam menjaga keberlangsungan operasional klinik. Minat kunjungan ulang ke fasilitas kesehatan bisa dipengaruhi beberapa hal termasuk diantaranya servicescape atau lingkungan fisik dan pelayanan yang ramah melalui komunikasi efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh servicescape dan komunikasi efektif terhadap minat kunjungan ulang di Klinik Pratama Desideria Kab. Ketapang. Populasi pada penelitian ini adalah pasien yang tidak diketahui jumlahnya. Sampel dihitung dengan rumus Cochran dan didapatkan sebanyak 100 orang dengan metode purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif dengan pendekatan statistik survei. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear berganda, Uji T dan Uji F dengan dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas dan uji asumsi klasik sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa servicescape dan komunikasi efektif secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjungan ulang di Klinik Pratama Desideria Kab. Ketapang dengan R2 sebesar 68,3%.

Downloads

Published

2025-10-09

Similar Articles

1-10 of 268

You may also start an advanced similarity search for this article.