Pengaruh Brand Awareness, Brand Loyalty, Brand Association, Dan Perceived Quality Terhadap Brand Equity Pada agen Travel Online Tiket.Com Di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.52644/8qrhyx60Keywords:
Brand Awareness, Brand Loyalty, Brand EquityAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Brand Awareness, Brand Loyalty, Brand Association, dan Perceived Quality terhadap Brand Equity pada agen travel online Tiket.com di Indonesia. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kausalitas, melibatkan 203 responden pengguna Mobile Apps Tiket.com yang dipilih secara purposive. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert ordinal, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, serta regresi linier berganda untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap Brand Equity. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Awareness tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Brand Equity, sedangkan Brand Loyalty, Perceived Quality, dan Brand Association memiliki pengaruh positif dan signifikan, baik secara parsial maupun simultan. Temuan ini menekankan pentingnya fokus perusahaan pada peningkatan kualitas layanan, membangun loyalitas pelanggan, dan memperkuat asosiasi merek untuk memperkuat ekuitas merek. Penelitian ini memberikan implikasi teoritis untuk pengembangan ilmu manajemen merek serta manfaat praktis sebagai dasar strategi pengembangan aplikasi, pemasaran, dan pengalaman pengguna Tiket.com.