Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan di Kedai Koplo Cilincing Jakarta Utara

Authors

  • Pramono Margono STIE Unisadhuguna Jakarta, Indonesia
  • Dinar Tri Wulan STIE Unisadhugunan Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52644/joeb.v10i2.69

Keywords:

Kualitas layanan, harga, kepuasan pelanggan

Abstract

Pendahuluan: Dalam era globalisasi ini, perusahaan akan selalu menyadari akan pentingnya faktor pelanggan. Oleh karena itu, mengukur tingkat kepuasan para pelanggan sangatlah perlu.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat (1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, (2) pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen dan (3) pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pada toko Koplo Cilincing. , Jakarta Utara.

Metode: Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen (validitas dan reliabilitas). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif, analisis regresi linier berganda dan uji t dan uji F.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai sig (0,000) < (0,05), (2) terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara harga terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai (0,000) < (0,05) dan (3) Secara simultan variabel kualitas pelayanan dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Kedai Koplo.

Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan maka dapat ditarik kesimpulan penelitian sebagai berikut: 1. Terdapat pengaruh signifikan secara parsial dari kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Kedai Koplo dengan nilai signifikan (0,000) < (0,05). 2. Terdapat pengaruh signifikan secara parsial dari harga terhadap kepuasan pelanggan di Kedai Koplo dengan nilai signifikan (0,000) < (0,05). 3. Secara simultan, variabel kualitas pelayanan dan harga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Kedai Koplo.

Downloads

Published

2021-12-20

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.