Pengaruh Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Memilih Program UNIPREP Bumi Serpong Damai Di Tangerang Selatan

Authors

  • Reza Suriansha Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Unisadhuguna Jakarta, Indonesia
  • Asrianto Asrianto STIE Unisadhuguna, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52644/joeb.v10i1.58

Keywords:

promosi, kualitas layanan, keputusan mahasiswa

Abstract

Pendahuluan : Promosi menjadi faktor yang dianggap mampu mempengaruhi keputusan pembelian pada barang/jasa, yang merupakan aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi atau membujuk, dan atau meningkatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan bersangktuan.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan mahasiswa di kampus UNIPREP BSD. Metode : Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2019 melalui penyebaran kuisioner (research questioner). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif uniprep selama penelitian. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Data penelitian diperoleh melalui angket tentang promosi kualitas pelayanan dan keputusan mahasiswa kepada 40 responden. Metode pengujian instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif, analisis regresi linier berganda, uji t, dan uji F.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa, sedangkan kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih UNIPREP BSD pada alpha 5%. Secara bersamaan, promosi dan kualitas layanan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keputusan mahasiswa untuk memilih UNIPREP BSD.

Kesimpulan : Semakin bagus promosi yang digunakan dalam sebuah iklan maka akan meningkatkan keputusan mahasiswa memilih program UNIPREP BSD, begitu pula sebaliknya. Sedangkan kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih program UNIPREP BSD pada tingkat kesalahan 5%. Secara simultan, promosi dan kualitas layanan berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih program UNIPREP BSD.

Downloads

Published

2021-06-24

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.